Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mangut Iwak Pe/Ikan Pari Asap Kekinian

Bosan sama hidangan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep mangut iwak pe/ikan pari asap ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! mangut iwak pe/ikan pari asap merupakan salah satu menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Mangut Iwak Pe/Ikan Pari Asap

Pada umumnya orang tidak berani memasak mangut iwak pe/ikan pari asap karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut iwak pe/ikan pari asap! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai banyak bumbu supaya masakan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Mantapnya maksimal deh resep mangut ini. Iwak Pe/Ikan Pari Asap masak Mangut by Kiromatil Baroroh adalah olahan ikan asap khususnya ikan pari asap yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Mangut merupakan sajian berkuah santan dengan bahan utama ikan dengan sensasi rasa gurih, sedikit asam dan pedas.

Kalian dapat membuat mangut iwak pe/ikan pari asap hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin mangut iwak pe/ikan pari asap yuk!

Untuk menghidangkan Mangut Iwak Pe/Ikan Pari Asap, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 10 potong of ikan pari asap ukuran 5x5 cm.
  2. Siapkan 5 kotak of tahu, iris kecil, goreng setengah matang.
  3. Diperlukan 2 buah of terong ungu, kupas, potong, goreng setengah matang.
  4. Sediakan 65 ml of santan kental (kara).
  5. Sediakan 250 ml of air.
  6. Diperlukan of Bumbu Halus :.
  7. Sediakan 6 siung of bawang merah.
  8. Sediakan 3 siung of bawang putih.
  9. Dibutuhkan 4 butir of kemiri sangrai.
  10. Dibutuhkan 2 cm of kencur.
  11. Siapkan 1 ruas of jahe.
  12. Ambil 1 sdt of ketumbar bubuk.
  13. Diperlukan 1 sdt of lada bubuk.
  14. Sediakan 1/2 sdm of gula merah.
  15. Dibutuhkan 1/2 sdt of terasi.
  16. Sediakan secukupnya of garam.
  17. Diperlukan of Bahan tumisan.
  18. Dibutuhkan 2 ruas of lengkuas.
  19. Gunakan 2 lbr of daun salam.
  20. Gunakan 3 lbr of daun jeruk.

Sedangkan iwak pe adalah ikan pari asap yang hasilkan citarasa. Di Bondoeoso, Jawa Timur juga ada sajian ikan pari ini. Mangut Ikan Pari (Iwak Pe). foto: Instagram/@reenaokta. Sementara mangut ikan pari atau juga dikenal dengan ikan pe merupakan masakan khas pantai utara Jawa.

Cara menghidangkan Mangut Iwak Pe/Ikan Pari Asap:

  1. Haluskan bumbu halus.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan lengkuas, daun salam, dan daun jeruk. Masak hingga bumbu matang..
  3. Masukkan ikan pari, aduk rata. Masukkan air, gula, & garam. Masak hingga mendidih..
  4. Masukkan tahu & terong yg telah digoreng setengah matang. Masukkan santan kental, aduk rata. Koreksi rasa. Masak hingga bumbu meresap..
Mangut ikan pari ini biasanya dibuat dari ikan pari yang sudah diasap, kemudian diberi kuah santan yang sudah dibumbui berbagai macam rempah. Masakan mangut ini adalah masakan berkuah santan yang terkenal pedas, dengan bahan utama ikan pari asap atau iwak pe asap atau ikan manyung asap dan kepalanya ini. Selain ikan asap, dalam hidangan mangut ini bisa juga di lengkapi dengan tempe atau tahu. Selain rasanya lebih enak.juga kandungan gizinya lebih komplet. Ikan asap apapun jenisnya pasti cocok dengan bumbu kuliner pesisiran utara jawa tengah ini.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat mangut iwak pe/ikan pari asap. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close