Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Bakar Bumbu Ungkep yang Sempurna!

Bosen sama menu makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep ayam bakar bumbu ungkep ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! ayam bakar bumbu ungkep, makanan mudah dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk keluarga tercinta.

Ayam Bakar Bumbu Ungkep

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan ayam bakar bumbu ungkep karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam bakar bumbu ungkep! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai banyak bumbu supaya makanan yang dihasilkan tidak terasa hambar. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Ungkep hingga ayam empuk dan air menyusut. Panaskan alat pemanggang, kemudian olesi dengan minyak goreng. Panggang ayam sambil sesekali diolesi sisa bumbu ungkep.

Cara membuatnya pun tidak susah, kalian dapat memasak ayam bakar bumbu ungkep hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin ayam bakar bumbu ungkep yuk!

Untuk memasak Ayam Bakar Bumbu Ungkep, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 ekor of ayam kampung, potong2.
  2. Siapkan of Bumbu halus:.
  3. Diperlukan 4 siung of bawang putih.
  4. Ambil 6 siung of bawang merah.
  5. Diperlukan 3 cm of kunyit.
  6. Dibutuhkan of Minyak untuk menumis.
  7. Sediakan of Bumbu cemplung:.
  8. Diperlukan 4 lbr of daun salam.
  9. Siapkan 2 btg of serai, geprek.
  10. Dibutuhkan 5 cm of lengkuas.
  11. Sediakan 5 sdm of gula aren (gula Jawa/gula merah).
  12. Siapkan 2 sdm of air asam jawa.
  13. Sediakan secukupnya of Air (air kelapa).
  14. Sediakan secukupnya of Kecap.
  15. Gunakan 1 sdm of garam.
  16. Diperlukan 1 sdm of kaldu ayam.

Bakar hingga ayam mengeluarkan aroma semangit saja. Sajikan ayam bakar bumbu rujak dengan nasi putih hangat, irisan timun, dan kol. Teknik ungkep ini adalah teknik memasak dengan api kecil hingga sedang supaya bumbu-bumbu meresap dengan sempurna. Pantas ayam ungkep goreng ini sangat nikmat hingga ke tulang-tulang, ya.

Proses membuat Ayam Bakar Bumbu Ungkep:

  1. Siapkan bumbu halus. Saya menggunakan blender dengan minyak. Cuci bersih ayam, potong2. Siapkan bumbu cemplung..
  2. Haluskan bumbu, kemudian tumis (saya tidak lagi menggunakan minyak ya..) tambahkan lengkuas, daun salam, serai. Tumis hingga berubah warna, harum dan masak. Cirinya mengeluarkan minyak. Gunakan api kecil, agar tidak gosong.
  3. Masukan ayam, aduk2 hingga bumbu tercampur rata. Tambahkan air (atau air kelapa) tambahkan gula aren, garam, kaldu, kecap. Masak hingga air menyusut. Koreksi rasa. Sisakan air sedikit ya.
  4. Bakar dengan sisaan air baceman, bolak balik sampai berwarna kecoklatan. Kemudian sajikan dengan nasi hangat, lalaban, dan sambal.
Dagingnya yang gurih, wanginya yang semerbak, serta kenikmatan bumbunya saat dicampur nasi menjadi alasan kenapa ayam ungkep ini menjadi menu favorit yang. Mulai dari gulai ayam, tumis ayam, opor ayam, ayam kecap manis, dan masih banyak lagi. Salah satu resep olahan ayam yang cukup populer adalah resep ayam ungkep bumbu kuning. Mulai dari ayam bakar kecap, ayam bakar Padang, ayam bumbu rujak, sampai ayam bakar madu gaya western. Ada juga resep ayam bakar ekonomis yang bisa dibuat dalam waktu singkat.

Selamat mencoba resep ayam bakar bumbu ungkep! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close