Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menghidangkan Terong Balado dan Ayam Balado Kecap Kekinian

Jenuh sama menu makanan yang itu-itu saja? Yuk coba resep terong balado dan ayam balado kecap ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! terong balado dan ayam balado kecap cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk santapan pesta.

Terong Balado dan Ayam Balado Kecap

Sebagian Besar orang tidak berani memasak terong balado dan ayam balado kecap karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari terong balado dan ayam balado kecap! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Tapi sebelumnya akan kami bahas terlebih dahulu tentang sambal balado. Balado merupakan teknik memasak khas Minangkabau. Balado sambal ini berbeda dengan sambal lain yang hanya menggunakan cabe giling atau cabai tumbuk sebagai pendamping makanan dengan cara dicelup.

Kamu dapat menghidangkan terong balado dan ayam balado kecap hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin terong balado dan ayam balado kecap yuk!

Untuk memasak Terong Balado dan Ayam Balado Kecap, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 buah of terong.
  2. Sediakan 1 of dada ayam fillet.
  3. Diperlukan of Bumbu Balado.
  4. Dibutuhkan 2 of cabe merah besar.
  5. Sediakan 4 of cabe rawit merah.
  6. Gunakan 1 buah of tomat.
  7. Sediakan 3 of bawang putih.
  8. Diperlukan 1 of Terasi.
  9. Diperlukan of Bumbu tambahan.
  10. Ambil 3 of daun jeruk.
  11. Dibutuhkan of Kaldu blok secukupnya.
  12. Ambil of Gula.
  13. Sediakan of Garam.
  14. Gunakan 2 sdm of Kecap.
  15. Sediakan of Lada putih.

Setelah sebelumnya kami membahas tentang Resep Terong Tumis Kecap yang simple dan lezat. Kali ini Resepkoki.co coba menyajikan variasi masakan terong lain yaitu, Terong Balado. Terong balado merupakan masakan ala padang, tidak hanya disukai warga daerah Sumatera Barat saja, tetapi juga digemari di seluruh nusantara, bahkan sampai di luar negeri. Salah satu masakan yang mudah dan murah tetapi.

Langkah-langkah menyiapkan Terong Balado dan Ayam Balado Kecap:

  1. Cuci bersih terong dan potong-potong ukuran sedang.
  2. Goreng terong lalu angkat dan tiriskan. Goreng juga dada ayam, setelah matang di suwir..
  3. Dari sisa minyak, tumis bumbu sampai agak melunak. Lalu haluskan bumbu tersebut menggunakan blender.
  4. Tumis 2/3 bumbu balado yg sudah di haluskan. Masukkan daun jeruk kedalam bumbu. Tambahkan kaldu, gula, garam seusai selera. Lalu, masukkan terong yang sudah di goreng. Aduk sampai bumbu merata. Angkat dan sajikan..
  5. Sisa bumbu balado di tumis bersama ayam suwir. Tambahkan kecap, garam, dan lada putih. Biarkan bumbu sampai menyerap dan warna berubah. Kemudian angkat dan sajikan..
Karena masakan balado terong kentang sering ada di menu prasmanan saat khajatan dan syukuran. Dengan ini muncul lagi kreasi lainnya dari terong balado yaitu dengan menambahkan irisan tahu tempe goreng, daging cincang, petai, jengkol, telur puyuh atau telur ayam dan teri. Lihat juga resep Ayam Balado enak lainnya. Resep Terong Balado Spesial dengan Teri dan Ebi. Simpan ke bagian favorit Tersimpan di bagian favorit.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat terong balado dan ayam balado kecap hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close