Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidangkan *soto kikil kuah santan susu* Kekinian

Coba resep *soto kikil kuah santan susu* sebagai sajian istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! *soto kikil kuah santan susu* pas untuk dipadukan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin meriah.

*soto kikil kuah santan susu*

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan *soto kikil kuah santan susu* karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari *soto kikil kuah santan susu*! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dihasilkan terasa nikmat. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Event #Cabeku kali ini menampilkan tema #bamasakjosantan, saya dari #cookpadcommunity_depok mengirim Soto kikil ini untuk ikut serta, yang ga tau bakalan sukses nongol di salah satu penerima bonus apa nggak 🤣🤣, yg penting memeriahkan ya. Rasa susu cair yang gurih dicampur dengan santan dan bumbu rempah pilihan semakin menambah rasa sedap pada kuah soto betawi. Selain ciri khas tersebut, soto betawi juga menggunakan potongan daging sapi lengkap dengan jeroan sebagai isian layaknya soto Madura dan juga soto Sulung.

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat membuat *soto kikil kuah santan susu* hanya dengan menggunakan 25 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep *soto kikil kuah santan susu*!

Untuk menyiapkan *soto kikil kuah santan susu*, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1 bgks of kikil.
  2. Siapkan 1 bgks of santan kara 65 ml.
  3. Diperlukan 1 of sst kental manis.
  4. Sediakan of Bumbu yg dihaluskan :.
  5. Sediakan 5 siung of bawang putih.
  6. Ambil 6 siung of bawang merah.
  7. Sediakan Secukupnya of lada butiran.
  8. Dibutuhkan Secukupnya of ketumbar.
  9. Sediakan 2 ruas of jahe.
  10. Siapkan 3 butir of kemiri.
  11. Ambil of Bumbu lain :.
  12. Diperlukan 1 btg of kayu manis.
  13. Siapkan 2 butir of cengkeh (sy, skip).
  14. Sediakan Secukupnya of jinten bubuk.
  15. Ambil Secukupnya of pala bubuk.
  16. Siapkan 1 btg of sereh, keprek.
  17. Sediakan 2 ruas of lengkuas.
  18. Siapkan 3 lbr of daun salam.
  19. Diperlukan 3 lbr of daun jeruk.
  20. Sediakan of Pelengkap :.
  21. Ambil 2 btg of daun bawang, iris.
  22. Dibutuhkan Secukupnya of bawang goreng.
  23. Dibutuhkan 3 buah of tomat merah.
  24. Ambil 1 buah of jeruk nipis.
  25. Sediakan of Sambel cabe rawit.

RESEP SOTO BETAWI KUAH SANTAN SUSU MANTAP LUAR BIASA Soto betawi daging sapi, ini adalah salah satu menu favorit keluarga terutama saat lebaran Qurban. Lihat juga resep Soto betawi kuah susu enak lainnya. Aku mau bagiin resep super andalanku favorit keluarga ku Resep Soto Betawi Kuah Susu, kenapa kuah susu karena aku ga terlalu suka pakai santan terlalu berat dan enek. pake susu lebih ringan dan. Soto kikil merupakan salah satu menu spesial yang bisa anda olah untuk dihidangkan ketika makan sahur.

Cara memasak *soto kikil kuah santan susu*:

  1. Potong2 kikil sesuai selera, rebus smp agak lunak (sy rebus dg diberi selembar daun salam) angkat, tiriskan. Haluskan bumbu.
  2. Didihkan air secukupnya, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, sereh dan lengkuas. Tumis hingga harum lalu masukkan dalam air yg sudah didihkan, aduk rata dan biarkan mendidih kemudian masukkan santan kara.
  3. Aduk rata lalu masukkan kental manis, aduk rata, masukkan kikilnya, aduk dan masukkan jinten bubuk dan pala bubuk.
  4. Aduk hingga rata, cek rasa dan sy tambahkan sedikit kaldu bubuk, aduk rata lagi, matangkan dan angkat..
  5. Penyajian, tuang soto kikil dalam mangkuk/wadah saji lalu beri potongan tomat, taburi irisan daun bawang, bawang goreng, sambal dan jeruk nipis. Daan soto kikil siap disajikan dg nasi hangat, kerupuk/emping..
Soto kikil ini merupakan menu khas Gresik yang begitu nikmat, lezat dan menyegarkan. Masak sampai mendidih dan keluar wangi bumbunya. Tuang santan encer, tambahkan garam dan gula, koreksi rasa. Tuang santan kental ke dalam kuah soto, aduk terus agar santan tidak pecah. Goreng daging ayam sampai kecoklatan, angkat.

Selamat mencoba resep *soto kikil kuah santan susu*! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close