Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bakwan sayur /heci/ ote ote Untuk Pemula!

Bosen dengan makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep bakwan sayur /heci/ ote ote ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! bakwan sayur /heci/ ote ote merupakan satu dari sekian banyak menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Bakwan sayur /heci/ ote ote

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan bakwan sayur /heci/ ote ote karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bakwan sayur /heci/ ote ote! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dibikin terasa lezat. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Di Jawa Barat bakwan disebut "bala-bala", sedangkan di Jawa Tengah khususnya di daerah Pati disebut "Pia-pia". Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci". Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur.

Cara membuatnya pun tidak sulit, teman-teman dapat membuat bakwan sayur /heci/ ote ote hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep bakwan sayur /heci/ ote ote!

Untuk menghidangkan Bakwan sayur /heci/ ote ote, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 5 buah of wortel.
  2. Siapkan 1/4 of kubis.
  3. Ambil 1/4 of tauge.
  4. Dibutuhkan 2 batang of daun sledri.
  5. Ambil 1 butir of telur.
  6. Ambil of tepung beras.
  7. Diperlukan of Tepung terigu.
  8. Ambil of minyak untuk Menggoreng.
  9. Gunakan of penyedap rasa / micin.
  10. Diperlukan of garam.

Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok. Meski familiar disebut bakwan sayur, jenis gorengan satu ini punya nama yang berbeda di sejumlah daerah di Indonesia. Lihat juga resep Bakwan Sayur / Ote-Ote / Bala-Bala enak lainnya. Yang menjadi pembeda antara ote ote dan bakwan sayur hanyalah nama dan dibentuknya, bentuk ote ote jauh lebih beraturan karena bulat merata dan tembem sedangkan bakwan sayur berantakan bentuknya.

Cara membuat Bakwan sayur /heci/ ote ote:

  1. Cuci bersih kubis, tauge,daun sledri,dan wortel. Lalu potong wortel, kubis memanjang ya. Dan juga sledrinya di potong jadi kecil kecil.
  2. Siapkan adonan tepung beras sama tepung terigu. Perbandingannya 1 :2 ya. Jadi lebih banyakan tepung terigunya. Terus untuk bumbu adonannya adalah bawang putih 1 siung, 1 ruas kunyit, ketumbar, garam dan micin. Kalau mau agak pedas kasih lada ya..
  3. Lalu campurkan Bahan bahan nomor 1 ke dalam adonan. Jangan lupa telur nya juga dicampur jadi 1..
  4. Setelah semua tercampur, lalu panaskan minyak. Masukkan adonan kedalam minyak yang sudah panas. Goreng dengan api sedang sampai warnanya Kuning ya..
  5. Setelah selesai, untuk teman makan nya bisa mEnggunakan Saus, cabe, atau sambal petis. Kalau aku pakai sambel petis. Caranya : goreng cabe,dan bawang putih sampai setengah matang. Setelah itu ulek cabe,bawang putih,gula merah, petis,garam (sEdikit aJa), dan micin. Lalu beri air hangat. Airnya tergantung selera ya, kalau mau encer ya agak banyak. Kalau mau Agak kental airnya sedikit aja..
  6. Nah, bakwan/heci/ote ote siap dihidangkan.. Selamat mencoba😊😊.
Satu lagi, di Jawa Timur bakwan adalah bakso namun cenderung lebih banyak digunakan untuk menyebut bakso dari daerah Malang dan sekitarnya. Cara mudah membuat bakwan sayur, ote ote sayur dan bala bala yang enak dan renyah menggunakan resep bakwan bahan sederhana tanpa telur. Gorengan yang terbuat dari bahan utama tepung terigu campur sayuran bahkan udang ini banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, sehingga tak heran bila penyebutan namanya pun berbeda-beda pula, selain bakwan sayur, ote-ote dan bala-bala juga disebut weci. Cara mudah membuat bakwan sayur, ote ote sayur dan bala bala yang enak dan renyah menggunakan resep bakwan bahan sederhana tanpa ada telur. Gorengan yang terbuat berbahan utama tepung terigu campur sayuran bahkan juga juga udang ini banyak dijumpai di bermacam daerah di Indonesia, hingga tak heran bila penyebutan namanya juga tidak sama-beda.

Selamat mencoba resep bakwan sayur /heci/ ote ote! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close