Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Sup ayam merah Anti Ribet!

Bosan sama sajian makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep sup ayam merah ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! Satu lagi hidangan yang bakal membuat meja makan semakin meriah - sup ayam merah! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Sup ayam merah

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan sup ayam merah karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sup ayam merah! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan banyak bumbu agar makanan yang dihasilkan terasa lezat. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Bukan cara saya menyediakan sup yang biasa yang mana saya akan tumis darat. Lihat juga resep Sop Merah Surabaya enak lainnya. Kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat dihaluskan nanti.

Kawan-kawan dapat menghidangkan sup ayam merah hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin sup ayam merah yuk!

Untuk membuat Sup ayam merah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1/2 ekor of ayam.
  2. Gunakan 2 siung of bawang putih.
  3. Diperlukan 5 buah of red dates.
  4. Diperlukan 3 buah of dried longan.
  5. Ambil 1 sendok of goji bery, angkak.
  6. Diperlukan secukupnya of wortel,.
  7. Ambil of bombay,.
  8. Sediakan of daun bawang,.
  9. Sediakan of jahe,.
  10. Siapkan of gula,.
  11. Siapkan of garam.

Agar mempermudah anda dapat menggunakan mesin pengupas bawang yang praktis dan mudah. Cukup simple bukan resep Sup Merah di atas? Resep masakan sup khas Jawa Timur yang sangat lezat ini cocok untuk hidangan makan malam di rumah bersama keluarga. Sup dengan isi sayuran yang tidak terlalu banyak ini pasti sangat disukai oleh anak-anak, namun tidak perlu khawatir akan kandungan vitaminnya, karena sudah tergantikan oleh isian lainnya, seperti jamur, kacang polong, dan sosis.

Langkah-langkah menghidangkan Sup ayam merah:

  1. Siapkan bahan (saya, ayam nya di pukul2 dulu dgn ulekan).
  2. Rebus sampai mendidih, ayam, bawang putih, jahe, (sedikit daun bawang, bombay, wortel) kasih garem dikiiit aja. Rebusnya dengan api kecil aja, memang agak lama tp nanti daging ayam lebih enak rasanya. Tp api gede jg gpp biar cepet mendidih..
  3. Stlh mendidih, masukan angkak, red dates, dried longan, goji berry, wortel. Tambah gula, garam (boleh tambah lada/merica).
  4. Masak sampai matang (air berkurang, warna lebih merah, daging empuk). Angkat, sajikan.
Resepi Ayam Masak Merah yang ini diambil dari blog Ana Suzana yang dipelajari dari ayahnya yang merupakan seorang tukang masak bagi majlis kenduri kawin yang tersohor di kampung beliau. Dah lama resepi ini disalin, cuma belum ada kesempatan dan masa yang sesuai untuk dicuba sendiri sehingga lah hari ini. Caranya, hanya gunakan kaki-kaki ayam dan masak macam nak mask sup ayam dengan kaki-kaki tu. Air rebusan tu la yang akan disimpan. Antara khasiatnya adalah kaya dengan kolagen daripada kaki ayam.

Mudah bukan membuat sup ayam merah? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close