Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tongkol Suwir Balado Anti Ribet!

Ingin memasak tongkol suwir balado yang lezat? Gak perlu ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep tongkol suwir balado terbaik! Satu lagi sajian yang bisa bikin meja makan semakin meriah - tongkol suwir balado! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Tongkol Suwir Balado

Banyak orang sudah minder duluan tongkol suwir balado karena takut hasil masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tongkol suwir balado! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus memakai berbagai bumbu supaya masakan yang dibuat terasa enak. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cari produk Lauk Pauk lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Cara Membuat Ikan Tongkol Suwir Bumbu Balado Pedas: Jika ikan sudah didiamkan pada waktu yang dianjurkan, silahkan goreng ikan dalam minyak panas yang sudah disiapkan dalam wajan.

Sobat dapat memasak tongkol suwir balado hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep tongkol suwir balado!

Untuk menghidangkan Tongkol Suwir Balado, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 2 ekor of ikan tongkol ukuran sedang, cuci bersih, suwir2.
  2. Gunakan 2 batang of daun bawang, potong serong, kira2 3cm.
  3. Dibutuhkan of Bumbu:.
  4. Diperlukan 6 butir of bawang merah, iris.
  5. Siapkan 3 butir of bawang putih.
  6. Dibutuhkan 1/2 butir of bawang bombay, iris melingkar.
  7. Sediakan 4 bh of cabe rawit merah.
  8. Dibutuhkan 6 bh of cabe merah keriting.
  9. Gunakan 1 bh of tomat, iris kecil2.
  10. Sediakan 1 sdm of gula pasir.
  11. Diperlukan secukupnya of garam.
  12. Dibutuhkan secukupnya of royco/ penyedap jika suka.

Namun, jangan menggoreng ikan terlalu kering atau nantinya ikan akan sulit disuwir-suwir dan dipotong. Setelah ikan matang, silahkan angkat dan sisihkan dalam wadah. Baca Juga: Resep Ikan Tongkol Balado Pedas, Begini Cara Siapkan daun pisang, kemudian letakkan nasi dan tongkol suwir di atasnya. Silahkan disimak semua informasi dibawah ini.

Proses menyiapkan Tongkol Suwir Balado:

  1. Siapkan wajan, tuang minyak goreng secukupnya (saya 8 sdm).
  2. Setelah panas goreng ikan tongkol yang relah disuwir2, kecilkan api.
  3. Sesekali ikan dibalik, g perlu takut hancur karena memang judulnya ikan suwir wkwkwk.
  4. Setelah setengah matang, angkat (suami lebih suka yg setengah matang krn setelah dibalado ada kenyal2nya), tiriskan.
  5. Tambahkan 4 sdm minyak goreng di wajan, masukkan bawang merah, setelah harum masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan irisan tomat.
  6. Tambahkan sedikit air. Masukkan garam, gula, royco. Tes rasa, jika sudah pas tunggu sampai airnya tinggal sedikit, lalu masukkan ikan. Aduk2 sebentar, tambahkan bawang bombay dan daun bawang.
  7. Aduk kembali, biarkan sebentar. Angkat. Sajikan hangat2, hmm yummy alhamdulillah suami suka banget.
Bahan Bahan Untuk Tongkol suwir pedas Akhirnya kini terbongkar rahasia wartehg bikin tongkol balado super enak. Kalau sudah tahu, bumbunya saja bisa bikin ketagihan. Lihat juga resep Tongkol Suwir enak lainnya. Siapkan daun pisang, kemudian letakkan nasi dan tongkol suwir di atasnya. Letakkan nasi bakar yang telah dibungkus di atas teflon, bakar sampai berwarna kecokelatan.

Mudah bukan membuat tongkol suwir balado? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close