Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Membuat Baguette (roti Perancis) Kekinian

Sedang cari resep baguette (roti perancis) yang paling lezat? Tidak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep baguette (roti perancis) terbaik! Sajian baguette (roti perancis) ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan cukup mudah dibuat.

Baguette (roti Perancis)

Pada umumnya orang tidak berani memasak baguette (roti perancis) karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari baguette (roti perancis)! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Baca juga: Bukan Tisu Toilet, Warga Perancis Panik Borong Roti Baguette Saat Pengumuman Lockdown. Baguette wajib memiliki kerak, sebab, kerenyahannya membuat aroma baguette lebih terasa saat dikonsumsi. Roti yang berasal dari Prancis ini biasanya dijadikan santapan sehari-hari.

Cara membuatnya pun tidak sulit, sobat dapat membuat baguette (roti perancis) hanya dengan menggunakan 4 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep baguette (roti perancis)!

Untuk menyiapkan Baguette (roti Perancis), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Ambil 160 gr of air hangat.
  2. Dibutuhkan 4 gr of yeast roti (bubuk).
  3. Ambil 250 gr of tepung terigu.
  4. Siapkan 4 gr of garam.

Karena bentuknya yang lebih panjang dari roti biasanya, di Indonesia roti Baguette ini disebut dengan roti tongkat. Roti yang akan kita buat kali ini merupakan roti dari negara perancis, jadi untuk bunda yang berrencana membuat resep kue ini tidak perlu jauh-jauh membuatnya di perancis karena membuat nya hanya tinggal membaca dengan teliti di lumbung resep, dimana resep aneka roti ini sangatlah mudah, nantinya bunda tidak perlu membutuhkan beberapa bahan-bahan khusus yang nanti bisa bunda dapatkan di. Roti Baguette merupakan nama aslinya, sedangkan di Indonesia lebih dikenal dengan roti prancis atau perancis jika di negara Malaysia Resepi Baguette. Baguette, mungkin terdengar asing di telinga kita.

Cara membuat Baguette (roti Perancis):

  1. Siapkan mangkuk besar untuk membuat kue..
  2. Masukkan air hangat, tambahkan yeast. Tunggu lima menit supaya yeast mengembang, lalu masukkan tepung dan garam. Aduk campuran dengan tangan, diuleni. Kemudian biar kan adonan dan tutup dengan lap/ kain yg disemprot sedikit air. Biarkan 4 jam supaya mengembang..
  3. Panaskan oven 230 derajat celcius. Siapkan adonan. Di meja taburkan sedikit tepung. Letakkan adonan diatas tepung. Taburkan sedikit tepung supaya tidak lengket kemudian bentuk roti panjang, tanpa diuleni lagi. Semprot sedikit air di atas roti supaya hasil kulit roti renyah setelah matang. Gores atas roti supaya bisa mekar dan juga sebagai dekorasi. Goresan bisa seperti di photo2 terlampir. Alasi panggangan kue dengan kertas minyak latakkan rôti..
  4. Saat oven panas panggang 35 menit di oven 230 derajat..
Istilah ini digunakan untuk merujuk kepada nama sebuah roti yang terkenal dari Perancis. Dalam bahasa Inggris, kita sering menyebutnya sebagai 'French Bread', sedangkan di Indonesia sering disebut 'baget'. Baguette berasal dari bahasa Perancis yg berarti roti tawar. Di Indonesia, roti ini dinamakan dgn roti tongkat. Saat memanggang roti ini pastikan jangan terlalu berwarna kecoklatan, karen jika terlalu berwarna coklat akan membuat roti yang bunda buat akan menjadi lebih keras dan tidak enak untuk di sajikan apa lagi jika bunda bernecana membuat resep kali ini untuk bekal sekolah sibuah hati, tanpa berlama-lama lagi berikut adalah Resep Roti Perancis Baguette Sederhana selamat mencoba.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat baguette (roti perancis) hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close