Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe Anti Ribet!

Ingin membuat sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe yang enak? Tidak usah pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe terbaik! sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe salah satu sajian dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti nagih.

Sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe

Kebanyakan orang takut mulai memasak sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe! Pertama dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dibikin terasa nikmat. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Lihat juga resep Sambal Goreng Balado Ati Tempe Kacang Panjang enak lainnya. d. Masukkan kentang, wortel dan ati ampelanya. Kentang digoreng terlebih dahulu, karena saat menggoreng tempe akan banyak remah.

Cara membuatnya pun tidak susah, kalian dapat menghidangkan sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe!

Untuk menyiapkan Sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1/2 of Hati ayam dan ampela ayam (potong dadu).
  2. Siapkan 1/4 of udang.
  3. Ambil 1 lonjor of panjang tempe (potong dadu).
  4. Gunakan 1/2 kg of kentang (potong dadu).
  5. Gunakan secukupnya of Garam.
  6. Diperlukan secukupnya of Gula.
  7. Sediakan secukupnya of Kaldu jamur/ royco ayam.
  8. Diperlukan of Bahan tumis.
  9. Siapkan 1 of Bawang putih iris tipis.
  10. Gunakan 3 of bawang merah iris tipis.
  11. Diperlukan 1 of tomat uk. Besar (kalo kecil 2).
  12. Siapkan of Lengkuas (geprek).
  13. Siapkan 1 lembar of daun salam.
  14. Gunakan 2 lembar of daun jeruk (boleh di potong² tipis).
  15. Gunakan of Bahan Halus.
  16. Diperlukan 4 of bawang putih.
  17. Siapkan 8 of bawang merah.
  18. Gunakan 5 of cabe rawit.
  19. Diperlukan 10 of cabe merah.
  20. Siapkan 1 sdt of garam.
  21. Dibutuhkan 1/2 sdt of moto.
  22. Dibutuhkan of NB = cabe bisa di tambah ya bun kalau ingin pedes.

Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe merah dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan gula pasir, kecap manis, garam dan air, aduk rata hingga air mendidih. Lihat juga resep Balado ampela ati ayam+kentang enak lainnya. Untuk kreasi dalam pembuatan kentang balado tersebut, Anda bisa menambahkan bahan lainnya seperti potongan ati ayam atau ampela, petai, tempe, atau udang.

Proses membuat Sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe:

  1. Goreng tempe kentang hingga matang, rebus hati ayam dan ampela ayam. Potong udang jadi 2 (udang tidak digoreng maupun direbus ya bun).
  2. Panaskan minyak menggunakan api kecil kemudian masukkan bahan tumis hingga tomat menjadi air dan bahan tumis menjadi harum. Kemudian masukkan bahan halus dan tumis hingga harum kemudian masukkan garam, kaldu jamur atau royco dan gula dan masukkan kaldu hati ayam (air rebusan hati dan ampela ayam) sebanyak 2 sendok sayur (centong sayur). Cek rasa.
  3. Apabila rasa sudah pas maka masukkan udang mentah ke bumbu yang sudah di tumis kemudian aduk² hingga udang berubah warna kemudian masukkan masukkan hati ayam tempe dan kentang..
  4. Aduk² hingga bumbu menyerap dan tidak berair. Cek rasa apabila ada yang kurang tambahin bumbunya (garam gula kaldu jamur atau royco)..
  5. Apabila sudah kering dan meresap langsung matikan kompor dan sajikan penuh dengan cinta..
Selain rasanya akan lebih enak dengan ragam tambahan, nutrisinya pun lebih kaya dan sehat. Sajian sambal goreng memang cocok dipadukan dengan bahan yang bercitarasa khas dan kuat, seperti hati ampela ayam ini. Sebelum digoreng dengan sambal, hati ampela harus direbus dulu hingga empuk dan hilang bau tak sedapnya. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Kemudian masukan ati ayam dan ampela yang sudah dipotong-potong.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat sambal jeruk balado ati ayam kentang dan tempe hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close