Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pempek tanpa ikan ala Nyonya Liem Anti Gagal!

Coba resep pempek tanpa ikan ala nyonya liem sebagai hidangan istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hidangan pempek tanpa ikan ala nyonya liem ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Pempek tanpa ikan ala Nyonya Liem

Pada umumnya orang malas mulai memasak pempek tanpa ikan ala nyonya liem karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pempek tanpa ikan ala nyonya liem! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Lihat juga resep Pempek tanpa ikan ala Nyonya Liem enak lainnya! Pempek tanpa ikan ala Nyonya Liem Kepengen pempek langganan di daerah jakpus, tapi mau kesana masih gak berani 😂, penasaran lihat lihat buku primbon, ketemu resep yang di unggah oleh JTT , lihat gambar nya kok enak ya 🤣, tambah kepengen 🤤🤤, akhirnya memberanikan diri. Pempek tanpa ikan ala Nyonya Liem Kepengen pempek langganan di daerah jakpus, tapi mau kesana masih gak berani 😂, penasaran lihat lihat buku primbon, ketemu resep yang di unggah oleh JTT , lihat gambar nya kok enak ya 🤣, tambah kepengen 🤤🤤, akhirnya memberanikan diri.

Kamu dapat memasak pempek tanpa ikan ala nyonya liem hanya dengan menggunakan 23 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep pempek tanpa ikan ala nyonya liem!

Untuk menghidangkan Pempek tanpa ikan ala Nyonya Liem, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan of BAHAN A:.
  2. Dibutuhkan 250 ml of air.
  3. Sediakan 125 gr of tepung terigu.
  4. Sediakan 1 1/2 sdt of kaldu bubuk.
  5. Siapkan 2 sdt of garam.
  6. Gunakan of BAHAN B:.
  7. Diperlukan 200 gr of tepung tapioka/kanji/sagu/tepung kentang.
  8. Sediakan 2 butir of telur.
  9. Gunakan of BAHAN ISI:.
  10. Dibutuhkan 4 butir of telur kocok lepas (skip).
  11. Dibutuhkan of BAHAN CUKO :.
  12. Ambil 5 buah of cabe keriting.
  13. Dibutuhkan 6 buah of cabe rawit.
  14. Siapkan 200 gr of gula merah.
  15. Diperlukan 100 gr of gula pasir.
  16. Gunakan 3 sdm of cuka/100 ml air asam jawa.
  17. Dibutuhkan 1 1/2 sdm of ebi kering (skip).
  18. Ambil 500 ml of air.
  19. Gunakan 1/2 sdm of garam.
  20. Gunakan 8 siung of bawang putih.
  21. Dibutuhkan of BAHAN PELENGKAP :.
  22. Sediakan of Timun.
  23. Siapkan of Soun.

Liem - Pempek biasanya identik dengan ikan, mau ikan tenggiri atau ikan sejenis yang lainnya. ternyata ada juga resep pempek yang tidak sama sekali menggunakan ikan. Lihat juga resep Pempek Dos enak lainnya. Jadi, jangan pernah urungkan niat anda membuat pempek di rumah hanya karena tidak menemukan ikan tenggiri di pasar. Atau hanya karena ikan tenggiri harganya sedang melangit, ya.

Cara menghidangkan Pempek tanpa ikan ala Nyonya Liem:

  1. Siapkan semua bahan. Campur air, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecil kan api, masukkan tepung terigu, aduk hingga adonan menjadi kalis (maaf keun fotonya yang blur, Soal nya minta bantuan si kk 😂).
  2. Setelah kalis, tuang ke dalam baskom, lalu tuang telur satu persatu dengan menggunakan mixer, hingga adonan kalis dan lembut.
  3. Setelah itu tambah kan tepung tapioka, aduk rata. Lalu bentuk sesuai selera, kebetulan mamake suka yang bentuk lenjer (bikin nya gak pakai di timbang, asal pulung. Jadi a ai kan ukurannya yang tidak sama, betul betul sesuai selera 🤣). Bila masih terasa lengket di tangan, bisa di balur dahulu dengan tepung.
  4. Lakukan hingga adonan habis, lalu rebus hingga matang. Diinginkan. Bisa disimpan di kulkas dalam wadah tertutup.
  5. Kuah Cuko:siapkan semua bahan. Haluskan cabai dan bawang putih. Lalu rebus semua bahan kecuali cuka. Setelah mendidih masukan cuka. Tes rasa. Angkat. Tuang ke dalam wadah. Walaupun tanpa ebi rasa nya tetap enak 😊..
Pertama kali saya lihat resep pempek dos atau pempek tanpa ikan ini sebenarnya di blog mbak Endang Indriani, tapi entah kenapa memory itu nggak tercatat di otak. Sampai kira-kira satu minggu yang lalu, salah satu teman Mama IGers (definisi: mamah mamah yang aktif masak dan posting di IG beserta resepnya). Kalo saya mamah setengah IGers… Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Resep Pempek Dos Tanpa Ikan Enak-Resep yang akan haniyakitchen sajikan pada kesempatan ini adalah pempek.

Mudah bukan membuat pempek tanpa ikan ala nyonya liem? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close