Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Mun Tahu Udang Kekinian

Coba resep mun tahu udang sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! mun tahu udang merupakan salah satu menu makanan yang paling digemari. Yuk, saatnya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Mun Tahu Udang

Banyak orang takut mulai memasak mun tahu udang karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mun tahu udang! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Yang banyak dikenal adalah dikombinasikan dengan ayam dan udang. Kali ini, kita akan memasak mun tahu vegetarian yang dipadukan dengan bahan non hewani. Tahu putih maupun tahu sutra bisa digunakan dalam resep ini.

Sobat dapat menghidangkan mun tahu udang hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin mun tahu udang yuk!

Untuk menyiapkan Mun Tahu Udang, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1 blok of tahu sutra.
  2. Dibutuhkan 3 siung of bawang putih.
  3. Dibutuhkan 2 batang of daun bawang.
  4. Dibutuhkan 1/2 sdt of garam.
  5. Sediakan 1/2 sdt of merica bubuk.
  6. Diperlukan 1 sdt of kecap ikan.
  7. Sediakan 1 sdt of minyak wijen.
  8. Dibutuhkan 1 sdt of tepung maizena.
  9. Siapkan 250 gr of udang pancet segar.
  10. Siapkan 200 ml of air bersih.
  11. Siapkan Secukupnya of gula, garam & merica bubuk.

Selain tahu, kita akan gunakan protein nabati lainnya seperti jamur merang. Mun tahu merupakan salah satu menu andalan yang biasa kita temui di Chinese Restaurant. Berikut ini resep mudah membuat mun tahu untuk makanan si kecil. Mun tahu sendiri merupakan masakan yang terbuat dari tahu yang dihancurkan atau dipotong kecil yang dimasak bersama daging cincang (sapi atau ayam) dan terkadang udang serta banyak rajangan daun bawang.

Langkah-langkah menyiapkan Mun Tahu Udang:

  1. Cuci tahu, tiriskan. Potong dadu. Sisihkan..
  2. Potong kecil bawang putih. Iris daun bawang. Bersihkan udang. Kupas kulit & kepala. Pisahkan setengah utk dicincang dan sisanya utuh. Cincang sebagian udang. Sisihkan..
  3. Rebus kulit udang sampai mendidih. Saring air kaldunya utk dipakai sebagai kuah..
  4. Encerkan maizena dgn sedikit air. Aduk sampai larut merata..
  5. Siapkan kecap ikan, minyak wijen, gula, garam dan merica..
  6. Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan udang cincang dan utuh. Aduk hingga berubah warna..
  7. Masukkan tahu, daun bawang, bumbu. Aduk rata. Tambahkan air kaldu udang. Masak hingga mendidih. Koreksi rasa dgn gula garam & merica bubuk. Masukkan maizena cair, aduk hingga kuah agak kental, angkat..
  8. Sajikan panas..
Kuah masakan kemudian dikentalkan dengan tepung maizena. Mun tahu (燜豆腐 / 焖豆腐) adalah hidangan etnis Tionghoa-Indonesia berbahan tahu sutera yang direbus menggunakan saus putih kental gurih, kemudian dicampur dengan daging ayam cincang dan udang. Hingga saat ini, tahu masih menjadi salah satu bahan masakan yang cukup popular. Selain harganya yang murah, tahu juga memiliki kandungan gizi tinggi. Tahu dapat diolah menjadi berbagai macam sajian lezat, mulai dari goreng, rebus, kukus, hingga tumis.

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat mun tahu udang. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close