Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menghidangkan Ayam kampung bacem yang Lezat Sekali!

Ingin tau rahasia bikin ayam kampung bacem yang enak? Gak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep ayam kampung bacem terbaik! Hadirkan ayam kampung bacem untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Ayam kampung bacem

Sebagian Besar orang takut mulai memasak ayam kampung bacem karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari ayam kampung bacem! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Tetapi buat saya pribadi rasa masakan bacem yang menggunakan bahan ayam kampung rasanya lebih gurih dan lebih enak dibandingkan dengan ayam negeri atau potong. Untuk lebih jelasnya mengenai bahan bahan apa saja yang dibutuhkan dan bumbu ayam bacem serta cara membuatnya silahkan melihat di bawah ini. Suami lagi pengeeennn banget ayam goreng bacem dari kampung halaman.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat menghidangkan ayam kampung bacem hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep ayam kampung bacem!

Untuk memasak Ayam kampung bacem, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1 ekor of ayam kampung potong 4 bagian.
  2. Ambil 500 ml of air kelapa.
  3. Sediakan 5 siung of bawang merah halus kan.
  4. Siapkan 5 siung of bawang putih haluskan.
  5. Siapkan 5 btr of kemiri haluskan.
  6. Siapkan 1 sdm of ketumbar haluskan.
  7. Ambil 1 ruas of lengkuas keprek.
  8. Sediakan 2 btng of sereh keprek.
  9. Gunakan 5 lbr of daun salam.
  10. Gunakan 3 buah of gula merah.
  11. Sediakan 1 sdm of gula pasir.
  12. Siapkan 1 buah of meggi blok.
  13. Gunakan 2 sdm of kecap manis.
  14. Sediakan secukup of garam secukup nya.

Terus nemu resep dari Mb @velia rachman ini. Terima kasih atas inspirasinya Mb, resep berikut saya ubah-ubah sedikit. Bacem ini bisa untuk tempe dan tahu juga, senangnya lagi bisa untuk stok di rumah. #TemaMasakHeboh #WeekendCha. Pagi ini saya bikin ayam bacem buat anak saya.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam kampung bacem:

  1. Oseng bumbu halus dengan minyak.sampai harum.
  2. Masukan air kelapa, gula merah, lengkuas, sereh, daun salam, garam, gula pasir, maggi, kecap manis, didihkan.
  3. Masukan ayam, godok sampai meresap dan empuk.
  4. Setelah agak kering, bisa di goreng, atau di bakar, sajikan.
Resep ayam bacem, wajib coba untuk hidangan spesial di rumah Selain tahu dan tempe, protein hewani seperti ayam sering diolah menjadi baceman oleh masyarakat Yogyakarta. Potongan ayam diungkep (rebus dengan api kecil) dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, gula Jawa, dan air kelapa. Nah jika Anda suka dengan resep bacem tempe ataupun tahu bacem, tak perlu susah untuk membuatnya, karena sebenarnya cukup simple juga kok caranya. Bacem adalah menu masakan sehari-hari yang sering dibuat orang. Apabila Anda sudah bisa membuatnya, pasti tidak akan kesulitan untuk membuat jenis.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ayam kampung bacem. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close