Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Irisan Manyung Mangut Anti Ribet!

Bosan sama makanan yang itu-itu aja? Mari coba resep irisan manyung mangut ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Hadirkan irisan manyung mangut untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Irisan Manyung Mangut

Kebanyakan orang tidak berani memasak irisan manyung mangut karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari irisan manyung mangut! Pertama dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu agar masakan yang dihasilkan tidak terasa datar. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Tapi overall tastenya memang kurang begitu cocok dengan selera saya. Keluarga suami yang asli Semarang seringkali membuat resep ini. Biasanya menggunakan irisan daging Ikan Pe atau Ikan Pari atau Ikan Manyung asap yang mudah sekali ditemukan di pasar tradisional.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menyiapkan irisan manyung mangut hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep irisan manyung mangut!

Untuk menyiapkan Irisan Manyung Mangut, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 10 iris of daging ikan asap manyung.
  2. Siapkan 3 butir of kemiri.
  3. Siapkan 5 siung of bawang putih.
  4. Gunakan 5 siung of bawang merah.
  5. Gunakan 3 cm of jahe.
  6. Diperlukan 1 jempol of lengkuas.
  7. Siapkan 2 lembar of daun salam.
  8. Sediakan 2 lembar of daun jeruk.
  9. Gunakan 1 btg of serai.
  10. Sediakan 1 sdt of merica.
  11. Siapkan 6 buah of Lombok merah.
  12. Siapkan 1 btl of kecil sous tomat.
  13. Dibutuhkan 2 buah of santan kara bungkus kecil.
  14. Diperlukan 1 liter of air.
  15. Diperlukan 2 sdm of gula pasir dan garam secukupnya.
  16. Siapkan secukupnya of Minyak goreng.

Kali ini saya mencoba menggunakan kepala Ikan Manyung asap. Mangut Manyung merupakan masakan berkuah santan dengan rasa yang pedas. Masakan ini memakai ikan Manyung sebagai bahan dasar pengolahan. Bagian kepala ikan yang sering dipilih untuk diolah, tetapi anda juga dapat mempergunakan bagian daging tubuh ikan.

Proses menyiapkan Irisan Manyung Mangut:

  1. Bumbu yang dihaluskan, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, Lombok merah..
  2. Bumbu yang digeprek.. Lengkuas, serai, jahe.
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai tercium bau wangi, setelah itu masukan air satu liter biarkan mendidih.
  4. Setelah air dan bumbu tumis mendidih masukan santan kara, sous tomat aduk sampai berubah warna merah cantik.
  5. Terakhir masukan ikan Manyung Asap, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk, asam, gula,garam cicipi sampai rasanya pas lalu sajikan untuk 5 porsi..
  6. Jangan lupa masaklah dengan penuh cinta pasti masakan menjadi lebih nikmat. SELAMAT BERBUKA PUASA..
Ikan Manyung adalah sejenis ikan laut yang biasa diolah menjadi ikan asin dan biasa disebut. Menu andalannya mangut kepala ikan manyung. Kepala ikan manyungnya diberi kuah kekuningan dan irisan cabe rawit. Aromanya sangat khas dan gurih menggoda. Menu Mangut Juwana selanjutnya tersaji di meja.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat irisan manyung mangut hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close