Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sayur Daun Singkong Santan yang Bikin Ngiler!

Coba resep sayur daun singkong santan sebagai menu istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! sayur daun singkong santan, makanan gampang dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk dihidangkan kapan saja untuk orang tercinta.

Sayur Daun Singkong Santan

Pada umumnya orang takut mulai memasak sayur daun singkong santan karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur daun singkong santan! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Nah kalau dengan kuah santan, hidangan sayur daun singkong yang satu ini menjadi favorit suami. Dengan masakan yang sesederhana ini, suami saya makannya bisa nambah dan nambah lagi :D. Lihat juga resep Sayur Singkong Santan enak lainnya.

Kalian dapat memasak sayur daun singkong santan hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin sayur daun singkong santan yuk!

Untuk menyiapkan Sayur Daun Singkong Santan, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1,5 ikat of daun singkong (0,5 ikatnya sebelumnya sudah kupake untuk buat yg lain).
  2. Ambil 1 bungkus of santan instan.
  3. Siapkan of Cabe rawit (aku utuhin, karena biar anak² bisa makan).
  4. Ambil Secukupnya of minyak sayur.
  5. Diperlukan Secukupnya of air untuk merebus dan memasak sayur singkong.
  6. Diperlukan of Bahan rempah².
  7. Diperlukan 3 buah of daun salam.
  8. Gunakan 1 batang of sereh, geprek.
  9. Ambil 1 ruas of lengkuas, iris².
  10. Siapkan of Bahan tumis.
  11. Diperlukan 7 buah of bawang merah (bamerku kecil²).
  12. Dibutuhkan 3 buah of bawang putih.
  13. Gunakan 2 buah of kemiri.
  14. Gunakan 1 sdt of ketu bar.
  15. Sediakan 1 ruas of kunyit.
  16. Siapkan of Gula pasir, garam, lada bubuk, kaldu bubuk.

Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Didihkan santan encer, masukkan tumisan bumbu halus, aduk rata.

Langkah-langkah memasak Sayur Daun Singkong Santan:

  1. Petik² dan cuci daun singkong. Masukkan daun singkong pada air yg mendidih terlebih dahulu. Rebus hingga matang dan layu. Lalu iris² daun singkong..
  2. Haluskan bahan tumisan (aku pakai blender), lalu tumis hingga harum. Masukkan bahan² rempah..
  3. Masukkan santan dan air, tambahkan gula garam lada kaldu bubuk. Masak hingga mendidih..
  4. Masukkan daun singkong dan cabe rawit. Daun singkongnya terendam semua ya... Masak kembali hingga mendidih. Koreksi rasa..
  5. Masya Alloh syedap 😋..
Masukkan teri nasi goreng, masak sebentar hingga santan agak menyusut. Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam, lengkuas, dan ebi hingga harum. Masukkan irisan daun singkong, masak hingga bumbu meresap dan santan menyusut. Jika sudah angkat sayur, kemudian taburi.

Mudah bukan membuat sayur daun singkong santan? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close