Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Kembung salem pesmol Kekinian

Perlu makanan praktis untuk hari ini? Resep kembung salem pesmol ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! kembung salem pesmol salah satu menu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Kembung salem pesmol

Banyak orang sudah minder duluan kembung salem pesmol karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari kembung salem pesmol! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Makanan ini sangat banyak diminati oleh semua orang karena rasanya yang begitu nikmat juga memiliki aroma yang sangat khas. Pesmol ikan kembung Cookpadekitchen Reecook Suci Wulandari. Lihat juga resep Pesmol pindang tongkol enak lainnya.

Kawan-kawan dapat menghidangkan kembung salem pesmol hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep kembung salem pesmol!

Untuk menghidangkan Kembung salem pesmol, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 500 gr of ikan kembung salem.
  2. Dibutuhkan 1 buah of jeruk nipis.
  3. Siapkan secukupnya of Minyak goreng.
  4. Ambil 4 buah of ketimun potong panjang (kurleb 3 cm).
  5. Siapkan 2 buah of wortel ukuran sedang, potong panjang (kurleb 3 cm).
  6. Diperlukan 300 ml of air putih.
  7. Diperlukan Secukupnya of garam.
  8. Sediakan Secukupnya of gula.
  9. Diperlukan 2 ruas jari of lengkoas geprek.
  10. Dibutuhkan 1 batang of sereh geprek.
  11. Gunakan 4 of bawang merah biarkan utuh.
  12. Diperlukan 6 buah of cabe rawit merah biarkan utuh.
  13. Diperlukan 1 lembar of daun salam.
  14. Siapkan of Bahan yang dihaluskan.
  15. Ambil 3 siung of bawang putih.
  16. Gunakan 10 siung of bawang merah.
  17. Diperlukan 3 ruas jari of kunyit.
  18. Ambil 1 ruas jari of jahe.
  19. Ambil 5 butir of kemiri.

Bumbu pesmol yang menjadi salah satu khas masakan sunda ini bisa menjadi pilihan dalam menu olahan aneka ikan. Sebenarnya terdapat banyak variasi dalam memasak bumbu pesmol, pada kesempatan kali ini adalah cara mudah membuat ikan kembung goreng bumbu pesmol sederhana dengan khas warna kuning kunyitnya. Dalam pembuatan yang sederhana serta dalam pemilihan bahan pun banyak ditemukan disekeliling kita. Rasa yang lezat serta ada asam-asam pada masakan ikan gurame pesmol ini tentunya akan semakin enak dan gurih kala disantap.

Langkah-langkah menyiapkan Kembung salem pesmol:

  1. Bersihkan ikan kembung dari isi perutnya cuci bersih lalu peraskan air jeruk nipis dan sedikit garam, lalu goreng sampai matang. Angkat dan sisihkan dulu..
  2. Blender atau uleg bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan kunyit sampai halus..
  3. Tumis bahan yang sudah dihaluskan, masukkan lengkuas, batang sereh dan daun salam. Setelah itu masukkan air sedikit sedikit, garam dan gula lalu aduk sampai air mendidih, lalu masukkan wortel, ketimun, bawang merah utuh dan cabe rawit merah utuh, aduk sampai air menyusut, cek rasa..
  4. Setelah wortel dan ketimun sudah matang bersama bumbu, tuangkan ke atas ikan yang sudah digoreng sebelumnya. Sajikan..
Resep ikan pesmol merupakan salah satu resep masakan Indonesia dengan bahan utama berupa ikan mas, walaupun demikian bisa juga menggunakan bahan lainnya seperti kembung, lele, bandeng bahkan udang pun dapat digunakan sebagai bahan utama. Yang paling terkenal dengan pesmol ikan mas adalah daerah cianjur, jawa barat. Jadi buat yang sedang mencari resepnya bisa langsung cek sendiri. Bumbu pesmol ini cukup populer di kawasan Sunda dan betawi sehingga sering dijadikan bumbu wajib untuk mengolah ikan. Beberapa macam ikan yang biasa diolah dengan pesmol ini di antaranya adalah ikan mas, ikan kembung, ikan gurame, ikan bandeng, ikan nila, dan udang.

Selamat mencoba resep kembung salem pesmol! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close