Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: 17. Pempek Dos Enak (Tanpa Ikan) Anti Ribet!

Sedang pengen coba resep 17. pempek dos enak (tanpa ikan) yang paling enak? Gak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep 17. pempek dos enak (tanpa ikan) terbaik! 17. pempek dos enak (tanpa ikan) pas untuk disandingkan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin special.

17. Pempek Dos Enak (Tanpa Ikan)

Sebagian Besar orang takut mulai memasak 17. pempek dos enak (tanpa ikan) karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari 17. pempek dos enak (tanpa ikan)! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai berbagai bumbu supaya masakan yang dibuat tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Selanjutnya masukkanlah garam, gula, merica, ebi serta bawang putih. Sesudah itu aduk hingga rata serta masak sampai mendidih kembali. Kecilkan api kompor sesudah itu masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, sembari terus aduk sampai adonan matang.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat menghidangkan 17. pempek dos enak (tanpa ikan) hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 12 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep 17. pempek dos enak (tanpa ikan)!

Untuk menyiapkan 17. Pempek Dos Enak (Tanpa Ikan), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan of bahan adonan:👇.
  2. Ambil 200 Gram of tepung sagu.
  3. Siapkan 150 Gram of Terigu segitiga.
  4. Ambil 1 Butir of telur ayam.
  5. Sediakan 250 ml of air putih.
  6. Gunakan 1/2 sdm of garam.
  7. Gunakan 1/2 sdm of penyedap rasa.
  8. Ambil 2 sdm of minyak goreng.
  9. Sediakan of bahan cuko : 👇.
  10. Ambil 200 grm of gula merah.
  11. Sediakan 7 sdm of gula putih.
  12. Sediakan 120 ml of air asam jawa.
  13. Ambil 500 ml of air putih.
  14. Ambil of bumbu yg dihaluskan : 👇.
  15. Siapkan 7 siung of bawang putih.
  16. Sediakan 5 biji of cabai rawit.
  17. Siapkan 5 biji of cabe keriting.
  18. Siapkan 1/2 sdm of garam.
  19. Dibutuhkan of Isi Adonan : 👇.
  20. Sediakan 15 butir of telur puyuh yg sudah direbus.

Pempek dos rasanya lezat meski tanpa ikan. Dengan resep praktis dan ekonomis ini, pempek tanpa ikan pun bisa tak kalah lezat dengan versi originalnya. Resep Pempek Tanpa Ikan - Pempek merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Resep pempek sutra ini termasuk ke kategori pempek tanpa ikan ya Bunsay.

Langkah-langkah menyiapkan 17. Pempek Dos Enak (Tanpa Ikan):

  1. Isian pempek.. Rebus telur puyuh dan sisihkan.
  2. Siapkan wadah, rebus air putih 250ml + penyedap rasa + garam.. setelah mendidih kecilkan api, masukkan tepung terigu, aduk aduk sampai rata..
  3. Setelah tercampur rata pindahkan kedalam wadah, masukan minyak goreng (aduk aduk).
  4. Kemudian masukkan telur (aduk aduk hingga merata).
  5. Setelah merata masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil di aduk aduk..
  6. Terus uleni sampai adonan menjadi kalis (sudah tidak lengket dan mudah untuk di bentuk).
  7. Ambil adonan bulat bulat isi.kan telur puyuh yg sudah di rebus, kemudian pipihkan. Buat juga yg bentuk lenjer (panjang).
  8. Setelah selesai di bentuk.
  9. Siapkan air rebusan tambahkan 2sdm minyak goreng, masukan pempek yg sudah di bentuk. Tunggu sampe pempek mengampung. Angkat dan tiriskan..
  10. Membuat cuko, masak air 500ml masukkan bumbu yg sudah dihaluskan (aduk aduk) masukan gula merah + gula putih dan 120ml air asam jawa (aduk aduk sampai larut) jangan lupa untuk koreksi rasanya juga ya 😊.
  11. Setelah rasanya pas, kemudian saring air cuko nya..
  12. Dan pempek dos siap disajikan, bisa dimakan dengan cara digoreng dulu atau langsung juga enak, karna sudah d rebus..
Entah kenapa dinamakan demikian, namun pempek dos punya artian pempek tanpa ikan. Jadi, bahan dasar pempek dos ya cuma sagu. Pempek dos belakangan jadi favorit yang karena teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih. Walau tanpa ikan, pempek dos dijamin tetap enak dipadu kuah cuko asam dan pedas. Pempek dos juga sering jadi alternatif.

Mudah bukan membuat 17. pempek dos enak (tanpa ikan)? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close