Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Ayam Panggang Klaten Anti Gagal!

Coba resep ayam panggang klaten sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! ayam panggang klaten adalah satu dari sekian banyak menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Ayam Panggang Klaten

Pada umumnya orang malas mulai memasak ayam panggang klaten karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam panggang klaten! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Ayam Panggang Klaten Primarasa Foto: Dok. Seperti namanya, ayam panggang ini berasal dari Klaten (Jawa Tengah). Yang khas dari Ayam Panggang Klaten adalah aroma panggang yang gurih karena sarat bumbu dan menggunakan santan kental.

Kamu dapat menyiapkan ayam panggang klaten hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin ayam panggang klaten yuk!

Untuk menghidangkan Ayam Panggang Klaten, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1 ekor of ayam kampung atau pejantan.(utuh dengan cakar dan kepala).
  2. Sediakan 1 of jeruk nipis.
  3. Ambil of Air untuk merebus ayam.
  4. Dibutuhkan of Bumbu halus:.
  5. Siapkan 10 of kemiri.
  6. Sediakan 10 of bw merah.
  7. Ambil 5 of bw putih.
  8. Dibutuhkan 1 ruas of kunyit.
  9. Siapkan 1 ruas of kencur.
  10. Dibutuhkan 1 ruas of jahe.
  11. Diperlukan 1 ruas of lengkuas.
  12. Dibutuhkan 1 of serai.
  13. Diperlukan of Cabe merah (selera pedasnya).
  14. Dibutuhkan 1/2 sdt of jintan.
  15. Dibutuhkan 1 sdm of ketumbar.
  16. Gunakan of Bumbu cemplung :.
  17. Diperlukan 2 of daun salam.
  18. Diperlukan 5 of daun jeruk wangi.
  19. Diperlukan 1 of santan kara kecil(kurleb 60 cc).
  20. Ambil 50 gr of gula merah.
  21. Ambil 2 sdt of garam(selera asinnya).
  22. Gunakan 1 sdt of kaldu bubuk(aku kaldu jamur).

Bicara tentang kuliner Klaten pasti yang pertama terpikirkan yaitu Ayam Panggang Klaten. Memang kuliner ini sudah sangat terkenal akan kelezatannya, Ayam Panggang Khas Klaten ini bisa menjadi sajian kuliner yang patut Anda coba jika sedang mampir ke Klaten. Rasanya enak sekali, gurih dan sedikit manis.beda sama ayam panggang biasa, cobain dech.gak rugi pokoknya. Nutrisi yang terkandung pada masakan ini juga cukup tinggi.

Proses menyiapkan Ayam Panggang Klaten:

  1. Cuci ayam, lumuri jeruk nipis, diamkan kurleb 15mnt, cuci kembali, tiriskan..
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, setelah harum masukkan air..
  3. Setelah mendidih masukkan bumbu cemplung dan ayam..
  4. Masak dengan api kecil kurleb 1 jam supaya bumbu meresap dan air menyusut..
  5. Ayam ditaruh dipinggan tahan panas, dibalur dengan sisa bumbu,oven dengan suhu 180° 35 mnt api atas bawah..
  6. Ayam Panggang Klaten siap disantap bersama keluarga tercinta..
Resep asli Ayam Panggang Klaten, Cara membuat Ayam Panggang Klaten, Resep masakan jawa tengah, Resep asli nusantara, resep masakan jawa, resep Ayam Bumbu Rujak, resep tradisional dari jawa Ayam Panggang Klaten, step by step memasak Ayam Panggang Klaten, resep Ayam Panggang Klaten dengan gambar, resep enak Ayam Panggang Klaten Ayam Panggang Ny. Hai Bunda,Di Video kali ini Dapur Vicenza akan memasak Ayam pangang Khas dari Klaten ( Jawa Tengah ) Seperti namanya ayam panggang Klaten adalah ayam panggang yang gurih karena penggunaan rempah. Resep Ayam Panggang Klaten enak pol. Kuliner khas kota ini memang tidak banyak namun judul masakan diatas sepertinya memang ada dan cukup terkenal juga di daerah jawa. Mau merasakan makanan ini?, harus dicoba memang banyak sudah yang menawarkan ayam panggang dengan ciri khas masing-masing dari setiap daerah dan memang unik-unik, kita sebagai bangsa indonesia cukup bangga dengan keaneka ragaman.

Selamat mencoba resep ayam panggang klaten! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close